KONSEP MANAJEMEN PELANGGAN

Konsep merupakan abstraksi suatu ide atau gambaran mental, yang dinyatakan dalam suatu kata atau simbol, Manajemen yaitu seni dalam melakukan dan mengatur/ mengendalikan, sedangkan Pelanggan adalah orang-orang yang sering membeli barang pada seorang penjual (wikipedia). Jadi saya mendefinisikan Konsep Manajemen Pelanggan merupakan gambaran-gambaran hal yang harus diperhatikan dalam mengelola pelanggan agar terus terikat. 

Untuk menentukan suatu konsep dalam mengikat pelanggan, kita harus terlebih dulu mengetahui bagaimana dan apa yang dibutuhkan pelanggan (Identifikasi), langkah selanjutnya adalah meninjau (analisis) baru bisa menentukan pemilihan segmen pasar.

Berdasarkan hasil identifikasi tentang kebutuhan pelanggan, baru beranjak ke produksi/ pengadaan produk dan layanan seperti yang diinginkan pelanggan. Pada saat penjualan sudah berjalan banyak sekali kita lihat para penjual meng-adakan produk selingan/ sekunder, hal ini tidak disalahkan tapi sangat disarankan kita tetap fokus pada pelanggan utama dalam segmen yang telah ditargetkan. 

Jadi poin- poin Konsep Manajemen Pelanggan Yaitu: 
* Identifikasi
* Analisis 
* Pemilihan Segmen Pasar 
* Penciptaan/ Pengadaan Produk 
* Fokus pada Target Utama 

Kalau ada yang mau nambahin, silahkan di kolom komentar.

1 komentar: