SIAPA PENCETUS ENTREPRENEURSHIP PERTAMA DAN APA KUNCI MENJADI ENTREPRENEURSHIP?

Saat saya menjelajah di google search tentang siapa pencetus entrepreneur? Sederet jawaban dengan berbagai cerita sudah tersedia dalam hitungan detik, antara satu dan lain halaman memiliki jawaban yang sama dengan tata bahasa yang berbeda dan hasil yang saya dapat setelah beberapa halaman website/blog saya buka menjelaskan bahwa pencetus entrepreneurship adalah JEAN BAPTISTE SAY (1767-1832) yaitu seorang ekonom dari Prancis yang hidup dimasa sulit era revolusi Amerika dan Prancis. 

Tetapi sadarkah kita terutama bagi umat muslim akan siapa yang berhasil dan sukses menerapkan kunci entrepreneurship? Jauh sebelum Jean Baptiste Say lahir, Nabi Muhammad SAW telah menerapkan kunci-kunci menjadi wirausaha yang sukses yaitu; 
= » Pathfinding (Mencari) 
= » Directing (Mengarahkan) 
= » Controlling (Mengawasi) 
= » Protecting (Melindungi) 
= » Reflecting (Perenungan)
(Eksiklopedia Leadership & Manajemen Muhammad SAW)


Nabi Muhammad SAW yang meniti karirnya sebagai seorang penggembala ternak hingga berdagang menerapkan prinsip-prinsip tersebut sebagai kunci suksesnya seperti contoh sederhana yang bisa saya uraikan adalah;

PATHFINDING yaitu mencari lahan yang cocok untuk beliau menggembala ternak-ternaknya/ Mencari pangsa pasar yang memungkinkan beliau untuk menjual ternaknya.
DIRECTING yaitu beliau mengarahkan ternak-ternak gembalaannya ke lokasi yang telah beliau cari sebelumnya/ Beliau mengarahkan pembeli dengan jujur tentang kelebihan dan kekurangan dagangannya. Karena sikap jujur itulah pembeli merasa puas atas barang dagangan yang beliau tawarkan.
CONTROLLING yaitu mengawasi ternaknya saat mengembala tanpa beliau tinggal untuk bermain atau malakukan hal-hal yang tidak penting/ Beliau juga mengontrol atau mengawasi para pembeli agar tidak salah mengambil barang yang telah mereka beli.
CONTROLLING yaitu melindungi ternak-ternaknya dari bahaya yang bersifat pemangsa atau penyakit/ Beliau juga melindungi pembeli dengan cara menjelaskan terlebih dahulu kelebihan dan kekurangan barang dagangannya sebelum pembeli menentukan pilihannya.
REFLECTING yaitu beliau selalu menyempatkan diri disela-sela menggembala dan sehabis berdagang untuk duduk menyendiri dan merenungi (berpikir) tentang apa yang telah beliau lakukan/terapin serta kemana dan bagaimana yang akan beliau kembangkan.

Jadi begitulah, pencetus entrepreneurship memang bukan Nabi Muhammad SAW karena beliau bukan orang Prancis, seperti layaknya pencetus Wirausaha bukanlah Jay Baptiste Say atau Joseph Schumpeter yang dari Austria, melainkan adalah orang Indonesia yang saya belum tau namanya.

0 komentar "SIAPA PENCETUS ENTREPRENEURSHIP PERTAMA DAN APA KUNCI MENJADI ENTREPRENEURSHIP?", Baca atau Masukkan Komentar

Posting Komentar