SIAPAKAH DERMAWAN PALING BIJAK?

Disaat anda searching saya yakin dominan anda akan mendapatkan jawaban dengan sejumlah nama orang yang banyak membagi-bagikan/ menghibbah uang, tenaga atau harta mereka kepada orang lain secara gratis tanpa mengharapkan balasan. 

Berbeda dengan sisi pandangan Bang Zabar, mereka yang tercantum dalam deretan nama orang TER/ paling dermawan hanyalah sekedar DERMAWAN bukan DERMAWAN BIJAK. Kenapa Bang Zabar berani bilang begitu, bukankah orang dermawan itu sudah satu paket dengan bijak bahkan lebih bijak karena mereka sangat peduli sama orang lain bukan cuma peduli sama diri dan keluarganya? 

Silahkan anda tinjau ulang pengertian bijak! Secara umum kita melihat arti BIJAK adalah pintar dalam menggunakan akal budi dalam mengambil suatu keputusan. Sedangkan menurut http://inspirasibangzabar.blogspot.com BIJAK merupakan perilaku seseorang dalam mengambil keputusan yang TEPAT dengan melihat segala kondisi dan situasi. Apakah seorang dermawan bijak akan memberikan uang/ hartanya kepada orang lain dengan serta merta?

Jawabannya TIDAK! Yang memberikan/ menghibbahkan hartanya hanyalah seorang yang DERMAWAN tanpa BIJAK. Sedangkan DERMAWAN BIJAK adalah seseorang yang memberikan hartanya dalam bentuk paket usaha (Wira Usaha) yang nantinya harus dikembalikan tanpa bunga tapi punya target waktu, atau membayar jasa keahlian yang mereka miliki untuk bekerja di tempat dia (Pegawai). Lhoe... Itukan sama aja kita ngutang atau kita bekerja dan sudah sepatutnya kita mendapatkan gaji??? Jadi mereka bukan dermawan donk. 

Yups benar! Tapi cobalah anda pikir ulang dan tela'ah benar-benar kalau anda hanya diberikan uang dengan gampang, maka dengan sangat gampang pula anda akan menghabiskannya dalam satu waktu. Anda akan dibikin manja dengan pemberian itu hingga tidak bisa berdiri pada kaki sendiri dan terus bertongkat pada bahu orang lain dengan hidup seadanya tanpa ingin mencapai yang lebih. Disaat anda tidak bisa mendapatkan lebih, apa yang akan anda wariskan kepada keturunan anda? Tongkat yang samakah yang akan anda wariskan atau tongkat lain tapi masih konteks sama? 

Jadi siapa gerangan orang DERMAWAN BIJAK itu? Orang dermawan bijak adalah PENGUSAHA/ DONATUR MODAL yang mempekerjakan orang-orang dan melatihnya untuk berdiri sendiri. Kalau anda ingin mendapat titel mulia itu, maka jadilah seorang PENGUSAHA walau hanya memiliki satu orang karyawan/ pegawai dan bimbinglah karyawan anda agar ia tidak selamanya menjadi karyawan.
Begitu juga bagi pegawai, janganlah anda terus-terusan asik menjadi pegawai yang bekerja mengikuti telunjuk atasan, cukuplah anda menjadi pegawai cuma beberapa kurun waktu saja sambil mempersiapkan diri menjadi seorang PENGUSAHA (berwira usaha). 

Gimana sudah tau kan jawabannya?

4komentar:

  1. mantap . na motivasi bacut nyoe :D

    neu koment cit inoe beh bg?
    http://musikanegri.blogspot.com/2014/04/gunongan-bukti-cinta-sultan-kharismatik.html

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalheuh yg nan Zabar Yunus dan link ke http://bangzabar.blogspot.com

      Hapus