TUJUAN MANAJEMEN PELANGGAN

Manajemen pelanggan memiliki landasan yang tujuan utamanya yaitu memberi tanggapan yang dipengaruhi pelanggan serta mengembangkan bisnis secara keseluruhan. Hal ini dilihat dari tujuan-tujuan dasar seperti mengembangkan bisnis produk baru, meningkatkan nilai tambah, mencapai kepemimpinan pasar, mempertahankan bisnis yang ada, menjaga persaingan agar tetap terkendali, memperhatikan masalah- masalah operasional, dan membatasi bisnis yang tidak diinginkan (Ken Burnett: 2002). 

Untuk lebih jelasnya, saya akan coba menjabarkan satu-persatu dari 7 poin diatas berdasarkan pemahaman saya. 
1. Mengembangkan Bisnis Produk Baru, ini bertujuan untuk lebih mengkover kebutuhan pelanggan agar tetap dalam ruang lingkup kita. Kebanyakan orang-orang yang berhasil dalam pengembangan produk baru, hampir separuh waktunya dihabiskan untuk berdiskusi dengan pelanggan agar tercapai kegunaan produk yang dihasilkan. 

2. Meningkatkan Nilai Tambah, bertujuan untuk memberi fungsi lebih pada suatu produk demi kenyamanan dan kepuasan. Hal ini dibutuhkan keselektifan pada target pelanggan yang memungkinkan. Seperti pada produk mobil sekarang, pada dasarnya fungsi mobil merupakan alat transportasi tanpa memperhatikan kenyamanan dan kebutuhan, sekarang hampir semua mobil bersaing pada nilai tambah yang mewujudkan kenyamanan dan kebutuhan mobile seperti dekorasi, fasilitas audio/video, charger, dll. 

3. Kepemimpinan Pasar itu sendiri dicapai dari pangsa pasar dengan volume tinggi dan biaya satuan terendah. 

4. Mempertahankan Bisnis yang Ada, banyak dari kita disaat produk inti telah mapan dan mencapai kepuasan, kita akan lebih fokus pada produk baru dan mengabaikan produk inti yang kita anggap telah berjalan baik. Ingat kisah Titanic? Karena kapal Titanic merupakan kapal yang ter-ekselen dan tidak akan tenggelam, akhirnya nakhoda dan kru merasa aman dan mulai lalai hingga bisa menabrak gunung es yang akhirnya membuat kapal karam dan tinggal nama. 

5. Menjaga Persaingan agar Tetap Terkendali, dekat dengan pelanggan dan mengikat pelanggan utama (pembeli skala besar) merupakan sebagian cara untuk menjaga/ mengambil alih pangsa pasar. Seperti mengikat dengan sistem penjualan tanam modal (produk) 1-2 kali dulu (ambil baru, bayar yang lama). 

6. Memperhatikan Masalah- Masalah Operasional, disini berkaitan dengan pelanggan yang jauh bahkan bisa antar pulau. Untuk masalah ini sebaiknya ada pengkoordinasian terkait masalah harga, teknis dan layanan agar tidak memberatkan satu pihak. 

7. Membatasi Bisnis yang tidak Anda Inginkan, jangan membuang waktu dan tenaga yang terlalu berlebihan pada hal yang tidak sesuai dengan bisnis Anda seperti kata Deni alias Candra kepada Cak Lontong (ILK). 

Itulah penjelasan menurut saya, bagaimana menurut anda?

0 komentar "TUJUAN MANAJEMEN PELANGGAN", Baca atau Masukkan Komentar

Posting Komentar